Panduan Studi di Luar Negeri

Tentang Belajar di Luar Negeri

Penjelasan Belajar di Luar Negeri

About Study Abroad UK

Shane Global Language Centres telah menyambut siswa-siswi dari seluruh dunia sejak tahun 1992.
Kami memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk membantu anda dalam perjalanan anda belajar ke luar negeri dan kami dapat membantu menciptakan suatu pengalaman yang takkan anda lupakan.

 

Program-program terbaik

Kami memiliki hanya program-program terbaik di lokasi terbaik. Dapatkan keuntungan dari:

Kursus General English
Kursus Persiapan Ujian Bahasa Inggris (contoh: IELTS)
Kelas Liburan
Pelajaran Bahasa Inggris Privat Satu Guru Satu Siswa

Petualangan anda di Inggris dimulai sekarang! Shane adalah organisasi pertama yang menempatkan anda kemana pun anda ingin pergi. Mari kita keluar dan menjelajah!

Mengapa Belajar di Luar Negeri?

5 Alasan Belajar Bahasa Inggris di Inggris

Why Study Abroad UK

Ada ratusan alasan ke luar negeri. Namun yang perlu anda lakukan adalah memikirkan mengapa itu merupakan hal yang tepat bagi anda. Beberapa orang ingin memperluas cakrawala mereka dan melihat hal-hal baru. Lainnya ingin menantang diri mereka sendiri secara akademis atau bertemu dengan orang-orang dari bagian lain dunia.
Apa pun alasan anda belajar ke luar negeri, kami akan mendukung dan membantu anda mencapai tujuan-tujuan anda.

 

Belajar di luar negeri menjadikan anda warga dunia

Anda akan mengembangkan penghargaan yang lebih besar terhadap budaya, bangsa dan tempat yang berbeda. Anda akan memiliki akses ke gaya hidup dinamis dan berbeda yang hanya dialami oleh mereka yang cukup istimewa. Anda akan mengembangkan kemampuan yang diperlukan untuk komunikasi yang efektif, berpikir kritis, manajemen krisis, dan pemahaman. Dengan pergi ke luar negeri, anda akan mengasah keterampilan kooperatif anda dan mengambil rasa tanggung jawab kewarganegaraan global.

 

Belajar di luar negeri meningkatkan kemampuan professional anda

Dalam masyarakat global sekarang, jarak semakin kecil. Kemampuan internasional yang anda kembangkan dapat langsung dipindahkan ke dalam karir atau hidup keseharian anda. Perusahaan-perusahaaan multi-nasional mencari orang-orang berbakat dengan pengalaman di luar negeri dan kemampuan berbicara bahasa Inggris.

 

Belajar di luar negeri mengembangkan atribut-atribut pribadi anda

Tidak ada yang seperti belajar di luar negeri untuk menempatkan diri anda di luar zona kenyamanan anda. Saat berada di luar negeri, anda menempatkan kemampuan untuk diuji, dan dalam hal ini, anda mendapatkan rasa kemerdekaan dan kesadaran pribadi yang lebih tinggi. Anda akan memiliki kesadaran yang lebih kuat terhadap kemampuan anda, pemahaman bahasa Inggris yang lebih mendalam, dan kepercayaaan diri penuh yang akan mengikuti kemana pun anda pergi.

 

Belajar di luar negeri menyenangkan

Belajar di luar negeri tidak hanya dapat menjadi pengalaman yang meneguhkan hidup, namun juga dapat menjadi suatu pengalaman paling menyenangkan yang anda miliki. Melihat tempat-tempat baru dan menarik, bertemu dengan orang-orang yang menarik dan berpikiran sama, mencicipi makanan baru, mempelajari hal-hal baru setiap hari – itulah makna bepergian ke luar negeri.

 

Belajar di luar negeri mengubah pandangan anda

Benar apa yang mereka katakana bahwa belajar di luar negeri dapat memiliki efek positif yang mendalam terhadap pandangan anda dalam hidup. Saat anda mengunjungi negara-negara asing, anda kembali sebagai orang yang berbeda dan melihat dunia dalam cahaya baru. Seperti yang ditulis oleh T.S. Eliot:

“Kita tidak boleh berhenti menjelajah. Dan akhir dari penjelajahan kita adalah tiba di tempat di mana kita memulai dan mengenal tempat itu untuk pertama kalinya.”

Informasi Umum

Berguna untuk Diketahui

General Study Abroad Information

Bagaimana jika saya sakit atau harus ke rumah sakit selama saya tinggal?

Perawatan darurat dan kecelakaan di Inggris adalah gratis bagi semua orang untuk perawatan 48 jam pertama. Jika anda sakit dan perlu ke dokter, biasanya anda pergi ke dokter keluarga angkat anda. Ini gratis bagi anggota Uni Eropa (anda membutuhkan formulir E128 – anda perlu mendapatkannya di negara anda sendiri).

Bagi yang bukan anggota Uni Eropa akan harus membayar untuk kunjungan ke dokter. Jika anda bukan pelajar Uni Eropa dan berada di sini lebih dari 6 bulan, anda mungkin dapat mengunjungi dokter secara gratis. Kami dapat membantu anda dalam hal ini saat anda tiba.

 

Haruskah saya mengatur asuransi?

Perawatan medis di Inggris gratis (kecuali untuk biaya resep) bagi warga negara Uni Eropa. Namun anda tidak dapat pergi ke dokter gigi or ahli kacamata secara gratis maka anda harus memiliki asuransi.

Warga negara non Uni Eropa harus membayar untuk pergi ke dokter dan dokter gigi, maka anda harus memiliki asuransi. Anda mungkin harus membayar untuk perawatan anda di klinik/rumah sakit dan mengklaim kembali biayanya dari asuransi kesehatan.

 

Dapatkah kartu kredit saya digunakan di Inggris?

Ya. Toko, restoran, hotel, museum, bioskop dll menerima sebagian besar kartu kredit utama. Shane Global Language Centre Hastings menerima semua kartu kredit utama kecuali American Express. Harap dicatat bahwa ada 3% biaya tambahan untuk pembayaran dengan  kartu kredit di sekolah.

 

Dapatkah saya membuka rekening bank di Inggris?

Anda dapat membuka rekening bank jika anda adalah pelajar jangka panjang (belajar selama 6 bulan atau lebih). Anda akan memerlukan surat pendaftaran sekolah, paspor dan sesuatu yang menunjukkan alamat anda di Inggris. Kami dapat membantu anda dalam hal ini.

 

Haruskah saya membawa uang tunai dengan saya?

Membawa terlalu banyak uang tunai dengan anda bukanlah ide yang baik. Cek wisatawan lebih aman dan dapat ditukar dengan mudah dan anda pun dapat menggunakan kartu kredit anda untuk hamper semua hal.

 

Pendaftaran Polisi

Beberapa kewarganegaraan harus mendaftar ke polisi pada saat tiba di Inggris. Silakan menghubungi staf Penerimaan jika anda memerlukan bantuan.

Tinggal di Inggris

Selamat datang di Inggris!

Living in the UK

Inggris adalah negara yang indah tapi memiliki banyak perbedaan dengan negaramu. Disini kami berikan beberapa informasi tentang Inggris:

 

Cuaca

•  Inggris memiliki iklim sedang.

Kami memiliki cuaca cerah pada musim panas, tapi secara umum suhu udara tidak akan lebih dari 25°C (Pada hari yang baik)

Cuaca bisa menjadi sedikit basah dan berangin, jadi bawa pakaian yang sesuai, dan payung.

Kadang salju akan turun pada musim dingin yang pasti sangat menyenangkan bagi siswa dari negara beriklim tropis.

 

Budaya

•  Merokok dilarang secara hukum di banyak tempat-tempat umum seperti restaurant, café, bar, bioskop dll. Jika anda merokok di tempat-tempat ini  maka anda akan didenda.

Kebanyakan orang di Inggris tidak merokok. Jika mereka merokok, biasanya mereka tidak akan merokok didalam rumah.

Kebanyakan keluarga di Inggris tidak merokok tapi mereka tidak keberatan siswa-siswi merokok diluar rumah, contohnya di kebun.

Orang Inggris sangat menyukai hewan peliharaan! Jika kamu pergi ke taman maka kemungkinan kamu akan melihat banyak orang mengajak anjing mereka berjalan-jalan. Anjing kebanyakan berperilaku baik jadi tidak perlu takut.

Orang-orang Inggris dikenal dengan kecintaan mereka akan mengantri! Memotong antrian dianggap sangat tidak sopan. Jika ada antrian untuk suatu hal, silakan tunggu giliranmu.

Orang-orang Inggris memiliki selera humor yang bagus. Bergabunglah dengan staf sekolah dalam program sosial mingguan sebagai kesempatan untuk melatih Bahasa Inggrismu di lingkungan nyata dan menyenangkan!

 

Tinggal dengan keluarga Inggris

• Inggris adalah sebuah negara multi budaya dengan banyak orang yang memiliki latar belakang etnis berbeda.

• Kebanyakan dari keluarga angkat kami memiliki agama berbeda-beda. Seringkali mereka akan makan makanan yang berbeda dengan apa yang diduga oleh banyak siswa akan dimakan oleh orang Inggris. Hal ini sangatlah normal di Inggris.

• Di Inggris, dan di Shane Global, kami tidak memberi toleransi terhadap diskriminasi ras apapun.

• Keluarga Inggris senang memiliki hewan peliharaan seperti anjing atau kucing yang tinggal didalam rumah. Hewan dianggap sebagai bagian dari keluarga dan ramah. Tidak perlu takut pada anjing di Inggris. Namun, jika anda tidak suka tinggal dengan hewan, silahkan informasikan kami ketika anda mendaftar kursus anda dan kami akan berusaha untuk mengakomodasikan anda di keluarga yang tidak memiliki hewan peliharaan.

• Kebanyakan wanita Inggris bekerja pada hari kerja seperti halnya para pria. Mereka tidak menghabiskan hari untuk memasak dan membersihkan rumah. Oleh karena itu makanan yang disediakan mungkin berupa makanan siap saji dari supermarket.

• Orang Inggris cenderung makan malam lebih awal daripada di beberapa negara lain—biasanya pada sekitar 6.00-7.00 malam. Jika anda tidak akan ada dirumah untuk makan malam bersama keluarga angkat anda, harap bersikap sopan dan aturlah dengan mereka agar mereka menyisihkan makanan untuk anda nanti. Sampaikan pada mereka jika anda samasekali tidak ingin makan.

• Kota-kota kecil dan besar sudah sangat tua dan karna itulah rumah-rumah kami terlihat sangat kecil dibandingkan dengan rumah-rumah dinegara asal anda.

• Orang-orang Inggris kebanyakan tidak memiliki pembantu rumah tangga atau petugas bersih-bersih. Pekerjaan rumah dikerjakan oleh keluarga, baik wanita maupun pria, dan anak-anak turut membantu.

• Karena rumah-rumah di Inggris umumnya kecil, mereka biasanya hanya memiliki satu kamar mandi dan ini biasanya termasuk toilet.

• Kebanyakan ruangan-ruangan di rumah dilapisi karpet termasuk kamar mandi.

Memanfaatkan Waktu Anda di luar negeri

Bagaimana cara mendapatkan manfaat penuh dari waktu anda di Inggris

Making the Most of Study Abroad UK

Saat tiba waktunya untuk belajar ke luar negeri, anda pasti berharap uang anda tidak sia-sia. Entah memilih kelas yang tepat ataupun membuat daftar barang bawaan, ada banyak yang dipertimbangkan jika anda ingin membuat waktu anda dapat dikenang. Berikut adalah tips penting yang akan membantu anda.

 

Pikirkan tentang mengapa anda ingin belajar di Inggris

Pikirkan apa tujuan anda dan cobalah untuk serealistis mungkin. Apakah anda ingin melatih bahasa Inggris? Belajar di Inggris selama beberapa bulan akan sangat membantu kemampuan bahasa anda, tapi diperkirakan akan membutuhkan waktu sedikitnya tujuh tahun belajar serius untuk memperolah kemahiran layaknya seorang pengguna bahasa asli. Mungkin anda pun ingin belajar tentang budaya lokal dan mengunjungi tempat-tempat wisata terkenal.  Atau mungkin anda ingin berteman dengan orang-orang dari seluruh dunia. Pikirkanlah tentang tujuan anda dan tuliskanlah.

 

Tempat terbaik untuk menuliskannya aadalah di jurnal

Membuat jurnal dari pengalaman anda merupakan cara terbaik untuk merekam emosi-emosi, pengalaman dan sensasi hidup di Inggris dari hari ke hari. Bertahun-tahun kemudian, jurnal tersebut akan menjadi salah satu kenangan paling berharga dari perjalanan anda ke luar negeri.

 

Lakukan beberapa riset sebelum pergi

Pikirkan tentang tujuan anda dan temukan program yang tepat untuk anda. Misalnya jika anda ingin mempelajari kehidupan desa di Inggris, maka program di Hastings akan lebih bermanfaat daripada program di London. Makin banyak yang dapat anda baca tentang suatu tempat, anda akan lebih percaya diri dengan pilihan anda. Hal yang sama juga harus dilakukan pada saat anda memikirkan kelas-kelas yang ingin anda ambil. Apakah anda berada di tingkatan rendah, tinggi atau menengah? Pastikan untuk menyeimbangkan pelajaran-pelajaran tersebut dengan hidup keseharian anda di Inggris.

 

Saat berada di luar negeri, cobalah berinteraksi dengan penduduk setempat sesering mungkin

Bawalah diri anda keluar dari zona nyaman anda untuk berteman dengan teman-teman internasional, mencoba masakan baru, dan mempelajari bahasanya. Bila anda menginginkan kehidupan yang anda kenal, anda tidak akan berharap untuk pergi ke luar negeri.

 

Akhirnya, pergilah ke luar negeri dengan pikiran terbuka

Anda sedang diberikan kesempatan khusus untuk mencoba hal-hal baru dan menyenangkan. Beberapa hal mungkin terlihat aneh atau mengerikan pada awalnya. Jangan takut untuk mencoba pengalaman baru. Saat berada di luar negeri, ingatlah kutipan yang secara rutin dikaitkan dengan Mark Twain:

“20 tahun dari sekarang anda akan lebih kecewa dengan hal yang tidak anda lakukan daripada dengan hal yang telah anda lakukan. Jadi buanglah tali layar. Berlayarlah dari pelabuhan yang aman. Tangkaplah angin di layarmu. Jelajahilah. Bermimpilah. Temukanlah.”

Culture Shock!

Bingung adalah Hal Normal!

Study Abroad UK Culture Shock

‘Culture shock’ terjadi pada banyak orang

Itu adalah rasa gelisah atau bingung saat anda dikelilingi oleh lingkungan baru. Jika anda merasakan culture shock, jangan khawatir – itu normal! Yang paling penting untuk diingat adalah bahwa hal itu akan berlalu.

 

Bagi beberapa orang akan terasa luar biasa saat pertama tiba di suatu negara

Adalah hal umum memperlakukan suatu negara dengan marah atau suasana hati yang berubah-ubah. Ini dikenal sebagai ‘transition shock’. Jika anda mengalami hal ini, cobalah mengingat beberapa hal. Pertama, belajar di luar negeri hanya sementara dan anda akan segera pulang ke rumah. Cobalah menikmati gaya hidup yang berbeda selagi anda bisa. Kedua, buatlah daftar dari hal-hal yang anda nikmati di lokasi baru anda. Gunakan daftar ini untuk fokus pada hal-hal nyang positif.

 

‘Transition shock’ bukanlah satu-satunya jenis ‘culture shock’ yang dialami orang-orang ssat bepergian ke luar negeri

Kadang-kadang culture shock lebih rumit dan berkembang secara bertahap. Umumnya, culture shock memiliki 4 tahap yang berbeda:
Bbulan madu, kecemasan, penyesuaian dan penerimaan.

Tahap bulan madu adalah angina puyuh kegembiraan positif. Anda akan menikmati mencicipi makanan baru sepanjang waktu, menjumpai orang-orang baru, dan tetap dalam pesona romantis dengan budaya. Namun, seperti layaknya semua bulan madu, mereka tidak bertahan lama.

Tahap berikutnya penuh dengan kecemasan. Sangatlah mudah menjadi tertekan, cemas, gugup, pendiam, atau memusuhi lingkungan setempat. Ini adalah hal yang normal, namun berita baiknya adalah tahapan ini berlalu sangat cepat.

Saat pindah ke tahap penyesuaian, anda mulai membangun rutinitas dan kebiasaan dalam budaya baru. Hal-hal baru tidak membombardir anda secara bertubi-tubi dan anda dapat mengantisipasi lebih banyak lagi. Segera, kecemasan mulai meleleh.

Akhirnya, pada tahap penerimaan, anda berada pada posisi nyaman sepenuhnya dengan gaya hidup 2 kebudayaan. Tidak ada lagi kecemasan dan anda merasa benar-benar tenang dengan sekeliling anda.

 

‘Culture shock’ adalah hal yang umum dan selalu menjadi lebih mudah seiring berjalannya waktu

Makin banyak anda bepergian, makin banyak anda belajar mengatasinya. Segera, anda akan mendapati diri anda berada dalam tahap penerimaan dan akan merasa tenang berada di rumah anda yang jauh dari rumah.

Direktur program tahu semua tentang culture shock dan terampil dalam mengenali tanda-tandanya. Mereka memerikan nasihat-nasihat bagus dan akan selalu berada di sana untuk membantu anda selama anda berada di luar negeri. Mereka ingin anda merasa nyaman dan bersenang-senang selama masa belajar anda dan mereka senang dapat membantu dengan cara apa pun.

British Council
EnglishUK
Trinity College London